◄ ♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥ ►

Follow us on FaceBook

Sunday, August 20, 2017

Macam-Macam Kerajinan Tekstil


Kerajinan tekstil merupakan sebuah karya seni yang terbuat dari bahan-bahan tekstil. Tekstil merupakan bahan yang berasal dari serat yang diolah dari benang atau kain. Tekstil adalah material fleksibel yang terbuat dari benang.
Tekstil dibentuk dengan cara penyulaman, penjahitan, pengikatan, dan cara pressing. Istilah tekstil sendiri dalam penggunannya sehari-hari sering disamakan dengan istilah kain. Namun ada sedikit perbedaan antara dua istilah ini, tekstil dapat digunakan untuk menyebut bahan apapun yang terbuat dari tenunan benang, sedangkan kain merupakan hasil jadinya yang sudah bisa digunakan
Kerajinan Tekstil mempunyai berbagai macam bentuknya, untuk lebih memahami, silakan simak ulasan berikut:

1. Kerajinan Batik
Batik adalah sebuah karya seni yang mempunyai nilai seni yang tinggi. Untuk membuat kerajinan batik, kamu membutuhkan canting untuk membuat pola gambarnya, menggunakan bahan dari lilin panas.
Teknik pewarnaan kearajinan ini ada dua, Yaitu teknik tutup celup untuk batik tradisional, dan menggunakan cap untuk produksi massal.



2. Kerajinan Sulam
Kerajinan sulam, atau lebih dikenal dengan bordir adalah sebuah hiasan di kain atau bahan lain dengan menggunakan menggunakan benang dan jarum. Kerajinan sulam ini ada dua jenis, yaitu sulam bebas dan sulam hitung jahitan.

Seriring perkembangan teknologi, untuk menjawab kebutuhan pasar yang meningkat setiap waktu kerajinan sulam berkembang menjadi kerajinan bordir sebagai turunannya.
Dalam bordir sendiri, terdapat dua metode dalam pembauatannya. Yang pertama adalah bordir manual menggunakan mesin dan bordir komputer. Teknologi bordir komputer ini berkontribusi penting dalam industri fashion.
Kerajinan yang dihasilkan dari bordir komputer adalah kemeja, dress, seragam karyawan, dan seragam sekolah.

3. Kerajinan Jahit Perca
Perca adalah sisa-sia kain untuk membuat pakaian maupun kerajinan tekstil lainnya. Jahit perca adalah proses proses pembuatan produk kerajinan tekstil dari kain bekas.
Cara membuat kerajinan perca adalah menggabungkan kain perca lalu dijahit menggunakan pola yang sudah yang sudah direncanakan.


4. Kerajinan Jahit Tindas
Jahit tindas atau biasa dikenal dengan teknik quilting, adalah salah satu teknik menghias permukaan kain dengan bahan pelapis. Kemudian dijahit tindas pada permukaan kain.

Teknik jahit tindas ini banyak diaplikasikan pada kerajinan selimut dengan hiasan-hiasan timbul.

5. Kerajinan Tapestry
Kerajonan tapestry adalah salah satu bentuk kerajinan tekstil tertua yang ada didunia. Konsep kerajinan tapestry adalah proses penenunan yang menggunakan dua buah benang saling bersilangan.

 6. Kerajinan Cetak Saring
Kerajinan cetak saring lebih dikenal dengan teknik sablon. Teknik ini menggunakan layar sebagai media cetaknya. Layar tersebut terbuat dari bahan nilon dengan pola dan kerapatan yang sudah ditentukan.
Bisa dikatakan, kerajinan cetak saring ini telah berkontribusi pada industri tekstil modern. Industri tekstil yang paling terpengaruh oleh teknik ini adalah bisnis kaos sablon.
Kaos sablon adalah salah satu bisnis yang terpengarung teknik cetak saring. Biasanya kualitas kaos sablon sendiri bergantung pada keahlian perajin, serta bahan-bahan cat untuk menentukan menarik atau tidaknya.

7. Kerajinan Tenun
Kerajinan tenun adalah salah satu teknik untuk membuat kain. Di Indonesia sendiri tiap daerah punya corak-coraknya sendiri. Proses pengerjaannya pun menggunakan teknik yang beragam sehingga tiap daerah berbeda coraknya.


8. Kerajinan Makrame
Makrame adalah bentuk seni kerajinan simpul menyimpul dengan menggarap rantaian benang awal dan akhir suatu tenunan dengan membuat berbagai simpul pada rantai benang tersebut.
Ada beberapa teknik dalam pembuatan makrame. Antara lain rajut atau anyam, pilin, dan simpul. Kerajinan makrame memiliki kesesuaian fungsi, kekuatan, dan keindahan yang berbeda-beda. Fungsi karya bisa terlihat dari penggunaan benda tersebut.






No comments:

Post a Comment