◄ ♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥ ►

Follow us on FaceBook

Sunday, August 20, 2017

15 Manfaat Internet Secara Umum


Internet merupakan salah satu teknologi yang sangat berpengaruh saat ini. Hampir semua orang menggunakan teknologi ini setiap hari karena banyak sekali manfaat internet yang bisa didapatkan. Internet merupakan jaringan komputer yang bisa menghubungkan satu orang dengan orang lain di berbagai belahan dunia hanya melalui layar monitor atau gadget. Internet juga merupakan tempat penyimpanan segudang informasi yang bermanfaat. Perkembangan internet saat ini sangat pesat sehingga mudah diakses baik dari laptop, smartphone, dan sejenisnya. Anda bisa menyimak 15 manfaatnya di bawah ini.
1. Media Hiburan
Manfaat internet yang pertama adalah sebagai sarana hiburan. Internet bisa menjadi media untuk mencari berbagai hiburan yang menyenangkan dan menghilangkan stres saat Anda terjebak rutinitas yang padat. Anda bisa menonton berbagai video atau film tanpa harus ke bioskop, mendownload lagu-lagu kesukaan, bermain game online dan sebagainya. Anda juga bisa menonton acara-acara TV kesukaan kapan pun dan di manapun secara streaming dengan memanfaatkan teknologi ini.
2. Media Komunikasi
Jika  zaman dahulu Anda hanya bisa berkomunikasi dengan surat dan pada tahun 2000an hanya bisa menggunakan telepon atau sms biasa saja, saat ini berkomunikasi daoat dilakukan melalui beragam aplikasi yang tersambung dengan internet seperti BBM, WA, Yahoo Messenger, dan lain-lain. Internet memang sangat berperan dalam dunia komunikasi di zaman modern sehingga penggunaan kuota internet lebih tinggi dibandingkan dengan pulsa biasa.
3. Menambah Wawasan
Manfaat internet yang selanjutnya adalah menambah wawasan. Internet menyediakan banyak sekali pengetahuan yang hampir setara dengan pengetahuan dari buku-buku. Anda bisa mencari tahu beragam pengetahuan yang belum Anda ketahui dengan hanya memasukkan kata kunci pada mesin pencari online. Jika Anda sering membaca beragam pengetahuan yang tersedia di internet, tentu wawasan Anda akan terus bertambah dan semakin luas dari waktu ke waktu.
4. Sumber Informasi
Sebagai sumber informasi adalah manfaat internet berikutnya. Anda bisa mencari berbagai informasi yang paling baru di dunia maya. Misalnya, jika Anda ingin mencari sebuah berita lama yang sudah tidak diterbitkan pada Koran atau disiarkan di TV untuk tugas sekolah atau kantor, Anda bisa menemukannya di dalam internet dengan waktu yang sangat singkat. Atau sebaliknya, jika Anda suka mencari berita paling baru yang belum muncul di Koran atau TV, internet bisa menjadi jawaban.
5. Meringankan Pekerjaan
Banyaknya manfaat internet yang tersedia akan mampu membantu dan meringankan pekerjaan Anda. Saat  Anda perlu mengirim berbagai dokumen penting ke perusahaan lain yang berbeda kota dengan perusahaan Anda, memanfaatkan saja fasilitas email untuk mengirimnya dan tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk mengirim secara langsung. Contoh lain adalah Anda bisa mengolah data perusahaan secara cepat dan tepat menggunakan Excel dengan panduan yang didapat dari internet.
6. Alat Bantu Penguasaan Bahasa Asing
Manfaat selanjutnya adalah internet bisa digunakan sebagai alat bantu penguasaan bahasa asing termasuk bahasa inggris. Bahasa inggris memang sulit dipelajari jika hanya mengandalkan pelajaran di sekolah atau kursus saja. Dengan memanfaatkan internet, siswa bisa belajar bahasa inggris secara mandiri dan lebih menyenangkan dari berbagai web. Karyawan juga bisa menggunakan fasilitas google translate untuk sekedar membantu menerjemahkan berbagai dokumen penting perusahaan ke dalam banyak bahasa dengan cepat dan tepat.
7. Alat Bantu Berbelanja
Akhir-akhir ini memang booming sistem belanja online yang memudahkan pembelian barang di berbagai daerah atau negara. Kemudahan berbelanja ini menjadi manfaat internet berikutnya. Anda pasti tidak asing dengan banyaknya toko-toko online yang tersedia di dunia maya saat ini. Anda bisa berbelanja aneka barang seperti baju, smartphone, kosmetik, dan lain sebagainya dengan lebih cepat dan mudah. Anda cukup memilih barang di OL shop, mentransfer uang dan menunggu barang dikirim ke rumah Anda.
8. Alat Bantu Pendidikan
Manfaat internet yang lain adalah membantu pendidikan. Guru bisa mencari beragam buku dan materi online untuk diajarkan kepada siswa dan siswa pun bisa mencari beragam informasi untuk menjawab setiap tugas dan PR yang diberikan. Dalam dunia kampus, internet bisa dijadikan sebagai sarana bertatap muka tidak langsung dengan dosennya tanpa harus berada di lingkungan kampus.
9. Meningkatkan Kemandirian
Manfaat internet juga bisa meningkatkan kemandirian seseorang. Misalnya, saat siswa mendapatkan tugas rumah yang sulit dikerjakan, mereka bisa mencari jawaban tugas rumahnya di internet sehingga tidak akan ada kegiatan contek-mencotek tugas rumah sebelum kelas di mulai. Siswa juga lebih mandiri karena terbiasa mencari pengetahuan yang berguna baginya sendiri.
10. Alat Bantu Bisnis
Banyaknya bisnis online menjadi manfaat internet lainnya. Bisnis online bisa dilakukan seseorang hanya dengan memanfaatkan internet, seperti bisnis toko online, penulisan artikel web, bisnis web desain dan lain-lain. Anda hanya perlu menjalankan bisnis dari rumah dan mendapatkan hasil yang cukup besar.

Manfaat Internet Dalam Berbagai Bidang
1. Bidang Budaya dan Pariwisata
Dengan memanfaatkan internet, setiap orang bisa mempromosikan budaya-budaya dan tempat wisata di negeri asalnya ke mata dunia. Keindahan tempat wisata dan keunikan budaya yang disaksikan melalui video akan menarik minat banyak wisatawan untuk datang berkunjung dan merasakan sendiri keindahan tersebut.
2. Bidang Sosial
Pengaruh internet dalam bidang sosial tidak perlu dipertanyakan lagi. Munculnya beragam media sosial dengan memanfaatkan jaringan internet sudah menjadi bukti nyata. Media sosial mampu menghubungkan orang-orang yang tidak saling kenal dari berbagai negara dan daerah hanya melalui layar monitor saja. Media sosial juga menjadi ajang perkenalan, interaksi dan tukar menukar informasi yang sangat populer saat ini.
3. Bidang Kesehatan
Bidang kesehatan juga tidak lepas dari pengaruh internet. Pengguna yang sedang menderita suatu penyakit sedikit banyak bisa mendeteksinya sendiri melalui beragam informasi kesehatan dari media online sebelum memeriksakannya ke dokter atau rumah sakit. Bahkan, untuk masalah penyakit ringan bisa diobati sendiri berdasarkan pedoman artikel online seperti misalnya sakit gusi bengkak, sariawan, dan berbagai tips kesehatan serta kecantikan lainnya.
4. Dunia Bisnis
Internet juga sangat bermanfaat bagi perkembangan perusahaan melalui web-web yang dibuatnya. Bahkan banyak perusahaan yang sangat bergantung pada penggunaan internet. Teknologi ini juga terbukti mampu meningkatkan pendapatan suatu perusahaan dan membuat bisnis yang tergolong baru bisa berkembang dengan pesat.
5. Dunia Pendidikan
Internet juga sangat ampuh membantu berlangsungnya kegiatan belajar mengajar di kelas. Peningkatan sistem pembelajaran ini sangat efektif untuk membuka pengetahuan dan wawasan dengan cepat untuk seluruh peserta pendidikan. Bahkan setiap sekolah dan kampus saat ini banyak yang telah menghadirkan pelajaran teknik jaringan komputer demi memaksimalkan pemanfaatan internet.

Berdasarkan manfaat internet yang telah dijelaskan di atas, terbukti bahwa internet memiliki peran yang sangat luar biasa dalam kehidupan. Jadi, pada zaman modern ini, mahir mengoperasikan komputer dan internet adalah sebuah keharusan demi kualitas diri yang lebih baik. Namun, yang perlu diingat, Anda harus memanfaatkan internet secara bijak untuk digunakan pada hal-hal yang positif karena tidak sedikit pengguna internet yang memanfaatkannya untuk hal negatif dan merugikan orang lain.

No comments:

Post a Comment