1. Website (Situs)
Kumpulan halaman yang digunakan
untuk menampilkan informasi, gambar, gerak, suara, dan atau hubungan dari
semuanya itu baik bersifat statis maupun dinamis yang membentuk suatu rangkaian
bangunan yang saling terkait di mana masing-masing dihubungkan dengan berbagai
link.
2. Wi-Fi (Wirelles Fidelity)
Bentuk transfer data untuk
mengakses internet yang dilakukan secara nirkabel (tanpa kabel).
3. Account
Sebuah informasi atau data dari
seseorang yang umumnya terdiri dari username (nama pengguna) dan password (kata
sandi) serta beberapa keterangan lainnya.
4. Archie
Suatu alat untuk pengindeks-an
arsip yang ada di dalam FTP (File Transfer protocol) yang memungkinkan
seseorang untuk melakukan pencarian dengan lebih spesifik.
5. Attachment
Bentuk penyampaian pesan yang
dilakukan dengan melampirkan atau menyertakan file dari komputer (umumnya
digunakan dalam e-mail).
6. Bandwith
Lebar pita, merupakan besaran yang
menunjukkan kapasitas transfer banyaknya data yang dapat dilewatkan dalam
koneksi melalui sebuah jaringan. Kecepatan dapat berubah setiap saat tergantung
kondisi pengguna internet. Satuan kecepatan dari bandwith yaitu Mbps (Mega bit
per second) atau Kbps (kilo bit per second).
7. WWW (Worl Wide Web)
Sistem menampilkan informasi baik
berupa teks, gambar, audio atau video dalam bentuk hypertext dan dapat diakses
oleh browser.
8. Firewall
Sistem keamanan dalam internet yang
berfungsi untuk melindungi sebuah jaringan yang kecil terhadap jaringan yang
lebih luas.
9. Blog
Singkatan dari Web Log yang
sebenarnya digunakan sebagai situs pribadi, namun sekarang mampu menawarkan
berbagai informasi, baik berupa pendidikan, kesehatan, pengalaman, tutorial dan
lain-lain di mana keberadaannya sudah seperti layaknya sebuah website.
10. Blogger
Seseorang yang membuat, mengelola,
merawat dan memoderasi blog.
11. Blogging
Kegiatan yang dilakukan blogger
baik berupa mengisi konten, menata desain, mempraktekan teknik SEO, menjelajahi
situs lain, dan lain sebagainya.
12. Bookmark
Menyimpan halaman web yang disukai
di browser agar di lain waktu dapat dibuka kembali.
13. Browser/Web Browser
Program aplikasi yang memungkinkan
pengguna untuk menjelajahi internet atau dengan kata lain sebagai wadah untuk
membuka berbagai halaman website dari penjuru dunia yang ada di internet.
Contoh dari browser ini yaitu Google Chrome, Mozila Firefox, Safari, Internet
Explorer, dan lain-lain.
14. Browsing
Aktifitas yang dilakukan seseorang
untuk menjelajahi berbagai halaman web untuk mencari informasi dari internet
dengan mengikuti link-link halaman web.
15. Buffering
Keadaan dimana aktifitas menonton video terhenti, umumnya karena kecepatan internet yang lambat, banyak pengguna di jaringan atau paketan habis.
Kode verifikasi untuk melanjutkan ke proses selanjutnya dengan memastikan bahwa pengguna itu bukan robot.
Memutuskan hubungan komputer dengan internet yang sedang terkoneksi.
34. Downstream
35. DSL (Digital Subscriber line)
Keadaan dimana aktifitas menonton video terhenti, umumnya karena kecepatan internet yang lambat, banyak pengguna di jaringan atau paketan habis.
Kode verifikasi untuk melanjutkan ke proses selanjutnya dengan memastikan bahwa pengguna itu bukan robot.
Memutuskan hubungan komputer dengan internet yang sedang terkoneksi.
34. Downstream
35. DSL (Digital Subscriber line)
16. Captcha
17. Download
Aktifitas untuk mengambil file,
gambar, video, audio dan data/informasi dari internet untuk kemudian
disimpan/digunakan pada komputer pribadi.
18. Chat
Layanan internet yang memungkinkan
pengguna untuk saling berinteraksi melalui teks tanpa waktu tunggu (realtime).
19. E-mail (Elektronik Mail)
Aplikasi yang memungkinkan pengguna
internet untuk saling berkirim pesan melalui jaringan Internet (surat menyurat
elektonik melalui internet).
20. Comunnication Protocol
(Komunikasi Protokol)
Bentuk komunikasi satu set aturan standar
yang dirancang sedemikian rupa sehingga sesama komputer saling terhubung dan
saling berbagi data/informasi dengan meminimalisir segala kesalahan yang akan
terjadi.
21. Connect
Menghubungkan komputer ke koneksi
internet.
22. Homepage
Halaman muka dari suatu situs yang
menampilkan informasi/deskripsi mengenai isi situs tersebut.
23. Cookie
Informasi tentang client dari
komputer server lalu kemudian disimpan ke komputer client itu sendiri.
24. HTML (Hyper Text Markup Language)
Sebuah bahasa markup atau kode yang
digunakan untuk membuat halaman web yang kemudian menerjemahkan kode tersebut
melalui mekanisme internet sehingga dapat menampilkan informasi kepada
pengunjung.
25. Cryptography
Bentuk penyampaian pesan dengan
menggunakan sandi/kode tertentu sehingga pesan dapat terkirim dengan lebih
aman.
26. CSS (Cascading Style
Sheet)
Kumpulan script/kode yang tersusun
dengan rapi untuk memperindah tampilan dari suatu halaman web serta dapat
mempercepat loading suatu website karena menyingkat struktur kode HTML. CSS
terdiri dari 3 komponen yaitu selector, properti dan value.
27. Cybercrime
Segala bentuk tindak kejahatan yang
dilakukan di dunia maya (internet)
28. HTTP (Hyper Text Transfer Protocol)
Protokol (antarmuka) yang digunakan
pada awal URL site untuk menjelaskan program browser bahwa antarmukanya adalah
HTTP. Contohnya adalah http://www.example.com
29. Cybersquatting
Aktifitas yang dilakukan untuk
membeli domain di internet namun memiliki kesamaan dengan suatu perusahaan,
nama produk, atau nama seseorang. Karena kesamaan tersebut pembeli kemudian
menjual kepada perusahaan tersebut dengan harga yang relatif tinggi.
30. Dial-Up
Jenis koneksi internet yang
menggunakan jaringan telepon.
31. Disconnect
32. Domain name
Alamat permanen suatu situs di
internet yang bersifat unik dan digunakan untuk mengidentifikasi sebuah
situs/alamat agar dapat ditemukan di internet.
33. Download
Aktifitas untuk mengambil file,
gambar, video, audio dan data/informasi dari internet untuk kemudian
disimpan/digunakan pada komputer pribadi.
Kecepatan aliran data dari komputer
lain ke komputer lokal/pribadi melalui sebuah jaringan (kebalikan dari
upstream).
Suatu metode transfer data melalui
saluran telepon regular.
36. E-commerce (Electronic
Commerce) :
Perdagangan atau transaksi perbankan elektronik melalui media internet.
37. E-mail (Elektronik Mail)
Aplikasi yang memungkinkan pengguna
internet untuk saling berkirim pesan melalui jaringan Internet (surat menyurat
elektonik melalui internet).
No comments:
Post a Comment