◄ ♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥ ►

Follow us on FaceBook

Sunday, August 20, 2017

Istilah –Istilah Dalam Internet - 37 Macam

1. Website (Situs) 
Kumpulan halaman yang digunakan untuk menampilkan informasi, gambar, gerak, suara, dan atau hubungan dari semuanya itu baik bersifat statis maupun dinamis yang membentuk suatu rangkaian bangunan yang saling terkait di mana masing-masing dihubungkan dengan berbagai link.

2. Wi-Fi (Wirelles Fidelity)
Bentuk transfer data untuk mengakses internet yang dilakukan secara nirkabel (tanpa kabel).

3. Account 
Sebuah informasi atau data dari seseorang yang umumnya terdiri dari username (nama pengguna) dan password (kata sandi) serta beberapa keterangan lainnya.

4. Archie
Suatu alat untuk pengindeks-an arsip yang ada di dalam FTP (File Transfer protocol) yang memungkinkan seseorang untuk melakukan pencarian dengan lebih spesifik.

5. Attachment 
Bentuk penyampaian pesan yang dilakukan dengan melampirkan atau menyertakan file dari komputer (umumnya digunakan dalam e-mail).

6. Bandwith 
Lebar pita, merupakan besaran yang menunjukkan kapasitas transfer banyaknya data yang dapat dilewatkan dalam koneksi melalui sebuah jaringan. Kecepatan dapat berubah setiap saat tergantung kondisi pengguna internet. Satuan kecepatan dari bandwith yaitu Mbps (Mega bit per second) atau Kbps (kilo bit per second).

7. WWW (Worl Wide Web
Sistem menampilkan informasi baik berupa teks, gambar, audio atau video dalam bentuk hypertext dan dapat diakses oleh browser.

8. Firewall 
Sistem keamanan dalam internet yang berfungsi untuk melindungi sebuah jaringan yang kecil terhadap jaringan yang lebih luas.

9. Blog 
Singkatan dari Web Log yang sebenarnya digunakan sebagai situs pribadi, namun sekarang mampu menawarkan berbagai informasi, baik berupa pendidikan, kesehatan, pengalaman, tutorial dan lain-lain di mana keberadaannya sudah seperti layaknya sebuah website.

10.  Blogger
Seseorang yang membuat, mengelola, merawat dan memoderasi blog.

11.  Blogging 
Kegiatan yang dilakukan blogger baik berupa mengisi konten, menata desain, mempraktekan teknik SEO, menjelajahi situs lain, dan lain sebagainya.

12. Bookmark 
Menyimpan halaman web yang disukai di browser agar di lain waktu dapat dibuka kembali.
13. Browser/Web Browser 
Program aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk menjelajahi internet atau dengan kata lain sebagai wadah untuk membuka berbagai halaman website dari penjuru dunia yang ada di internet. Contoh dari browser ini yaitu Google Chrome, Mozila Firefox, Safari, Internet Explorer, dan lain-lain.

14. Browsing 
Aktifitas yang dilakukan seseorang untuk menjelajahi berbagai halaman web untuk mencari informasi dari internet dengan mengikuti link-link halaman web.

15. Buffering

Keadaan dimana aktifitas menonton video terhenti, umumnya karena kecepatan internet yang lambat, banyak pengguna di jaringan atau paketan habis.
Kode verifikasi untuk melanjutkan ke proses selanjutnya dengan memastikan bahwa pengguna itu bukan robot. 
Memutuskan hubungan komputer dengan internet yang sedang terkoneksi.
34. Downstream
35. DSL (Digital Subscriber line)

16. Captcha

17. Download
Aktifitas untuk mengambil file, gambar, video, audio dan data/informasi dari internet untuk kemudian disimpan/digunakan pada komputer pribadi.


18. Chat 
Layanan internet yang memungkinkan pengguna untuk saling berinteraksi melalui teks tanpa waktu tunggu (realtime).

19. E-mail (Elektronik Mail)
Aplikasi yang memungkinkan pengguna internet untuk saling berkirim pesan melalui jaringan Internet (surat menyurat elektonik melalui internet).

20. Comunnication Protocol (Komunikasi Protokol) 
Bentuk komunikasi satu set aturan standar yang dirancang sedemikian rupa sehingga sesama komputer saling terhubung dan saling berbagi data/informasi dengan meminimalisir segala kesalahan yang akan terjadi.

21. Connect 
Menghubungkan komputer ke koneksi internet.

22. Homepage 
Halaman muka dari suatu situs yang menampilkan informasi/deskripsi mengenai isi situs tersebut.

23. Cookie
Informasi tentang client dari komputer server lalu kemudian disimpan ke komputer client itu sendiri.

24. HTML (Hyper Text Markup Language) 
Sebuah bahasa markup atau kode yang digunakan untuk membuat halaman web yang kemudian menerjemahkan kode tersebut  melalui mekanisme internet sehingga dapat menampilkan informasi kepada pengunjung.
25. Cryptography
Bentuk penyampaian pesan dengan menggunakan sandi/kode tertentu sehingga pesan dapat terkirim dengan lebih aman.

26. CSS (Cascading Style Sheet) 
Kumpulan script/kode yang tersusun dengan rapi untuk memperindah tampilan dari suatu halaman web serta dapat mempercepat loading suatu website karena menyingkat struktur kode HTML. CSS terdiri dari 3 komponen yaitu selector, properti dan value.

27. Cybercrime
Segala bentuk tindak kejahatan yang dilakukan di dunia maya (internet)


28. HTTP (Hyper Text Transfer Protocol) 
Protokol (antarmuka) yang digunakan pada awal URL site untuk menjelaskan program browser bahwa antarmukanya adalah HTTP. Contohnya adalah http://www.example.com

29. Cybersquatting
Aktifitas yang dilakukan untuk membeli domain di internet namun memiliki kesamaan dengan suatu perusahaan, nama produk, atau nama seseorang. Karena kesamaan tersebut pembeli kemudian menjual kepada perusahaan tersebut dengan harga yang relatif tinggi.

30. Dial-Up
Jenis koneksi internet yang menggunakan jaringan telepon.

31. Disconnect 

32. Domain name
Alamat permanen suatu situs di internet yang bersifat unik dan digunakan untuk mengidentifikasi sebuah situs/alamat agar dapat ditemukan di internet.

33. Download
Aktifitas untuk mengambil file, gambar, video, audio dan data/informasi dari internet untuk kemudian disimpan/digunakan pada komputer pribadi.

Kecepatan aliran data dari komputer lain ke komputer lokal/pribadi melalui sebuah jaringan (kebalikan dari upstream).

Suatu metode transfer data melalui saluran telepon regular.

36. E-commerce (Electronic Commerce) : Perdagangan atau transaksi perbankan elektronik melalui media internet.

37. E-mail (Elektronik Mail)

Aplikasi yang memungkinkan pengguna internet untuk saling berkirim pesan melalui jaringan Internet (surat menyurat elektonik melalui internet).


No comments:

Post a Comment